Tahsin Al-Muyassar : Membaca dan Menghafal Qur’an dengan Benar dan Menyenangkan

Sharing is caring!

Al-Muyassar_Training_1

Guru laki-laki Ber-pose bersama Ust. H. Hendra dan Ust. Albadi

Mengawali hari kerja guru di Semester Genap Tahun Pelajaran 2016/2017, Yayasan Al-Amanah menyelenggarakan kegiatan pelatihan Tahsin Qur’an Al-Muyassar bertempat di Sekolah Al-Amanah unit Cikupa. Kegiatan yang berlangsng selama tiga hari mulai dari tanggal 5-7 Januari 2017 ini diikuti oleh guru dari seluruh unit mulai dari TK hingga SMP di lingkungan Yayasan Al-Amanah.

“Ini adalah upaya Yayasan untuk meng-upgrade kompetensi seluruh guru khususnya dalam membaca dan menghafal Qur’an,” jelas Bu Rita Raora selaku Direktur Sekolah Al-Amanah.

DSC00525.JPG

Bu Rita serta Ust. Hendra dalam acara Penutupan Pelatihan Batch Pertama

Dalam Sambutannya juga Bu Rita memberikan motivasi kepada para guru bahwa membaca Al-Qur’an adalah kewajiban kita dan sudah seharusnya kita bersusah payah dalam belajar Al-Qur’an.

Sementara itu Ustadz H. Hendra sebagai penyusun Al-Muyassar sekaligus pemateri utama dalam Training ini mengingatkan para guru bahwa Allah akan mengangkat derajat orang-orang yang menjadikan Qur’an sebagai pedoman hidup.

“Berbahagialah kita menjadi Guru yang mengajarkan Al-Qur’an. Niatkan belajar ini untuk pendidikan anak-anak kita agar tidak terlepas dari Al-Qur’an,” jelasnya.

Dasar Tauhid pelatihan ini adalah ayat Qur’an Surat Al-Muzzammil ayat 4 dimana ayat tersebut menegaskan bahwa membaca Al-Qur’an harus dengan tartil.

DSC00455.JPG

“Tartil yang optimal,” tambah Ust. Hendra.

Selama 3 hari para guru dibimbing untuk membaguskan bacaan Qur’annya berdasarkan kitab-kitab ulama terdahulu. Pelatihan Al-Muyassar dibagi menjadi dua level utama. Level 1 untuk jilid 1-5, sedangkan level 2 untuk Qur’an Gharib serta tajwid.

Karena tahsin dan tahfizd Al-Muyassar juga dikenalkan Irama Al-Muyassar yang berasal dari turunan irama bayati, pelatihan ini menjadi sangat menyenangkan. Di akhir kegiatan, Yayasan Al-Amanah dan Ust. H. Hendra menyepakati untuk merutinkan pelatihan ini sampai guru-guru lulus di dua level. Pelatihan ini berikutnya, akan diadakan dua hari dalam sebulan.

DSC00528.JPG

Sharing is caring!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *