Simulasi Pembelajaran Sentra untuk Tema “Sekolah”

Sharing is caring!

Pada dasarnya kewajiban mendidik anak berada di pundak orang tua. Itulah yang disampaikan oleh Pak Said saat memberikan pengarahan materi pentingnya kerjasama orang tua dan guru dalam mendidik anak, hari ini Sabtu 3 September 2016 di Sekolah Al-Amanah Cikupa. Kegiatan sosialisasi pembelajaran karena pergantian tema ini adalah kegiatan rutin yang wajib diikuti oleh para orang tua.

Sekira 70 orang tua siswa kelas 1,2, dan 6 hadir pada acara yang dimulai tepat pukul 08.00 WIB. Acara dibuka oleh Bunda Rita Raora yang mengingatkan kembali komitmen orang tua pada awal memasukkan anaknya ke sekolah bahwa, mereka punya peran yang paling penting dalam mendidik anak. “Secanggih apapun program dari sekolah, tanpa kerjasama orang tua, mustahil perkembangan anak akan berjalan baik,” tegas Bunda Rita. Beliau sempat membagi pengalaman mengikuti pelatihan di Sekolah Al-Falah, dan memberikan wawasan kepada para orang tua bahwa kerjasama yang baik melalui pelatihan orang tua membuat Sekolah Al-Falah berhasil membangun anak-anaknya.

Selain Bunda Rita, Pak Said juga sempat memberikan sedikit materi tentang cara berkomunikasi dengan anak. “Banyak kesalahan-kesalahan yang dilakukan orang tua dalam berkomunikasi sejak bayi. Inilah yang mempengaruhi perkembangan anak-anak kita sekarang,” kata Pak Said. Beberapa cara ampuh dalam berkomunikasi dengan anak diantaranya berkomunikasilah dengan penerimaan terhadap anak. “Anak yang merasa diterima, akan mudah mengungkapkan perasaannya dan bahkan mudah diajak bicara,” tambah Pak Said. Orang tua juga seharusnya tidak mengancam, apalagi memarahi anak karena akan memutuskan sambungan sel-sel sarafnya.

upload_-1

Orang tua merasakan menjadi murid Al-Amanah dan belajar dari guru bagaimana mengalirkan materi kepada anak

Kegiatan sosialisasi kemudian dilanjutkan dengan simulasi pembelajaran. Simulasi ini dilakukan agar para orang tua memahami bagaimana mengalirkan materi kepada anak persis seperti yang guru lakukan di sekolah. Para orang tua pun merasakan menjadi murid kembali di Al-Amanah. Mereka bermain dan bekerja di beberapa Sentra seperti Sentra Drama, Sains, Bahasa, Matematika, dan Seni.


Photo Gallery by QuickGallery.com

Jurnalis : Said Rahman
Foto by : Said & Rohman

Sharing is caring!

2 thoughts on “Simulasi Pembelajaran Sentra untuk Tema “Sekolah”

  1. Pengalaman yang sangat berkesan pak, kembali merasakan menjadi siswa, sistem sentra memang sangat tepat buat tumbuh kembang anak.
    Satu quote yang sangat mengena dari Ibu Rita kemarin ” persulitlah anakmu sedini mungkin, maka akan mudah hidupnya kelak”

    1. Alhamdulillah….
      Betul sekali pak. Semakin cepat anak mandiri, semakin aman untuk anak. Tantangan hidup mereka kedepan luar biasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *